Breaking News

Sekilas Program Studi

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) adalah sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Indonesia Maju (YIMA) yang secara resmi beroperasi pada tanggal 26 Juli 2000 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 115/D/O/2000. STIKIM didirikan menjawab tantangan perubahan global terhadap pelaksanaan sistem ekonomi pasar bebas yang berdampak langsung terhadap privatisasi bidang kesehatan. Pihak swasta memasuki bidang kesehatan melalui rumah sakit, asuransi kesehatan, obat dan kosmetik, alat medis, makanan dan pendidikan di bidang kesehatan. Untuk itu, YIMA mengambil peran dalam pembangunan di bidang pendidikan kesehatan untuk berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan dan pembangunan nasional Indonesia.

STIKIM merupakan institusi Pendidikan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Jakarta Selatan telah menghasilkan lebih dari 10.000 alumni di berbagai sektor kesehatan pada skala nasional. Pada awal berdirinya STIKIM terdapat 3 Program Studi (PS) yaitu PS Sarjana Kesehatan Masyarakat, PS Diploma Tiga Administrasi Rumah Sakit, dan PS Diploma Tiga Asuransi Kesehatan. Sampai tahun 2020 ini, STIKIM sudah memiliki 13 program studi yaitu PS Magister Kesehatan Masyarakat, PS Sarjana Kesehatan Masyarakat, PS Sarjana Keperawatan, PS Profesi Ners, PS Sarjana Terapan Kebidanan, PS Profesi Bidan, PS Diploma Tiga Administrasi Kesehatan, PS Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PS Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PS Sarjana Administrasi Rumah Sakit, PS Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, dan PS Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

PS Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu program studi baru di STIKIM yang secara resmi diberikan izin pembukaan program studi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 566/KPT/I/2019 pada tanggal 17 Juli 2019. Pengembangan PS Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja menitikberatkan pada inovasi penerapan manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja, serta lindung lingkungan sebagai upaya perlindungan dari potensi bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja.

STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMEN VOKASI & PRODI K3

Program Studi Sarjana Terapan K3 STIKIM berada dibawah Departemen Vokasi STIKIM. Adapun struktur organisasi Departemen Vokasi STIKIM seperti dibawah ini: